Chandraherdito's Blog


Softskill
March 9, 2012, 4:26 pm
Filed under: Uncategorized

Di dalam kehidupan. manusia  memerlukan ketrampilan guna menciptakan sebuah kehidupan yang lebih baik.Baik bagi diri sendiri maupun baik untuk orang dan lingkungan disekitarnya.Ketrampilan sendiri secara umum dibedakan atas 2 tipe, yaitu ketrampilan atau kemampuan softskill dan kemampuan hardskill

Pada kali ini akan dibahas salah satu dari ketrampilan atau kemampuan tersebut.Dan kemampuan tersebut adalah kemampuan softskill . Pengertian dari softskill sendiri tersebut adalah sebuah kemampuan diluar dari kemampuan akademis dan teknis,sesuatu ketrampilan yang tidak dapat dilihat ataupun berbentuk,namun kemampuan itu diakui.

Softskill sendiri merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, kepekaan/kepedulian, serta optimisme. Soft skills tersebut mencakup  keterampilan intra dan inter personal.

(a)Ketrampilan intra – misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran

(b)Ketrampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

Pada zaman yang telah berkembang pada saat ini, softskill sangat diperlukan dalam berbagai bidang kehidupan,baik dalam pekerjaan,organisasi masyarakat,maupun yang terkecil yaitu keluarga serta dalam bidang lainnya. Dalam dunia pekerjaan contohnya, kemampuan non teknis (softskill) ini sangat mempengaruhi ketika penerimaan pegawai baru,seorang pegawai baru dapat terlihat kemampuan softskill nya berdasarkan psikotest yang dilakukan dan juga ketika ia diwawancarai,bagaimana dia menjawab,menyampaikan jawabannya. Softskillnya lah tersebut yang akan membuat perusahaan itu menempatkan ia pada posisi pekerjaan yang tepat.

Karena itulah kemampuan non teknis ini sangat lah penting kemampuan ini juga mendukung kemampuan hardskill atau kemampuan teknis. Dengan kata lain,kemampuan manusia bukan hanya ditentukan oleh hardskill yang dipunyainya tetapi harus didukung dengan kemampuan softskill. Tetapi kemampuan softskill sendiri janganlah lupa untuk diasah,guna memperkembangkan kemampuan tersebut. Salah satu cara terbaik untuk mengasah diri ataupun softskill yang dimiliki adalah berinteraksi kepada orang lain,baik berbicara didepan orang,maupun bertanya guna mengetahui bagaimana mengembangkan softskill tersebut. Dan karena softskill ini sangatlah penting mulailah untuk mengembangkan softskill yang dimiliki sedari dini untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

sumber

http://hiddengrazz.blogspot.com/2010/09/pengertian-softskill-penjelasannya.html


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: